Pengertian
Advertising menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
Advertising adalah segala bentuk pesan
tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media dibiayai oleh
pemrakarsa dan ditujukan untuk sebagian atau seluruh masyarakat.
Pengertian
Advertising Menurut Pakar :
Defenisi iklan menurut
Frank Jefkins (1997): iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang
untuk membeli.
Menurut Rhenald Kasali
(1992) iklan didefenisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan
kepada masyarakat lewat media
Menurut Phillip Kotler
iklan yaitu sebuah bentuk penyajian dan promosi ide, barang, dan jasa secara
nonpersonal oleh sebuah sponsor tertentu yang memerlukan sejumlah biaya.
Menurut Urban decan
iklan yaitu harus menyampaikan pesan yang dimaksud, menjalin koneksi dengan
konsumen dan menimbulkan dampak melalui pesan kreativ yang menarik perhatian
dan mudah diingat.
Perbedaan
iklan dan periklanan
Iklan adalah suatu produk yang memberi
informasi kepada kita berupa barang dan jasa yang sering dilihat dimedia massa.
Bentuk promosi untuk menawarkan,
mempromosikan dan memperkenalkan produk perusahaaan kepada masyarakat melalui
suatu media. Iklan tidak lagi hidup pada abad ke-18, namun telah tumbuh dan
berkembang menjadi sebuah realitas yang dapat membangkitkan sebuah tatanan
sosial baru. Iklan bagaikan sebuah dunia magis yang dapat mengubah komoditas
kedalam gemerlapan yang memikat dan mempesona. Iklan membaantu membentuk
kepribadian sebuah merek. Jenis-jenis iklan terdiri dari beberapa jenis yang
digolongkan menjaddi tujuh kategori utama, yakni : iklan konsumen, iklan antar
bisnis, iklan perdagangan, iklan eceran, iklan keuangan, iklan langsung dan
iklan rekruitment.
Periklanan adalah salah satu alat yang
digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli
sasaran dan masyarakat. Periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal
tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan kesuatu
khalayak target melalui media bersifat massal sseprti raddio teevisi, koran,
majjalah,direct mail, reklame luar ruang, atau kendraaan umum. Pesan-pesan
periklan dapat ditransmisikan melalui media baru, khususnya internet.
Klasifikasi periklanan seperti periklanan produk, eceran, korporasi, bisnis ke bsnis, politik,
direktori, respon langsung, pelayaan masyarakat, periklanan advokasi.
Jenis-Jenis
Iklan
iklan konsumen
iklan antar bisnis
iklan perdagangan
iklan eceran,
iklan keuangan
iklan langsung
iklan rekruitment.
menurut
Frank Jefskin iklan terbagi 7 yaitu :
Iklan konsumen adalah iklan
yang digunakan untuk menawarkan barang dan jasaa ke konsumen secara luas dengan
menggunakan jasa media. Iklan ini banyak dikenal sebagai iklan niaga
ditelevisi, radio dan media lainnya. Contohnya : iklan rinso, iklan rexona, dan
sebagainya.
Iklan Antar bisnis
adalah iklan dengan target kepada satu atau beberapa individu yang berperan
memengaruhi pembelian barang atau jasa industri untuk kepentingan perusahaan
dimana para individu itu bekerja..
Contohnya yaitu : bahan mentah atau komponen, peralatan kantor, jasa
biro perjalanan, dll.
Iklan Perdagangan adalah
iklan yang memberikan informasi kepada
para pedagang tentang barang-barang yang
tersedia untuk dijual kembali. Iklan ini ditujukan pada kalangan distributor,
kulakan besar, para agen, eksportir maupun importir, dan para pedagang umumnya.
Contohnya yaitu : perusahaan pakaian, prusahaan sepatu dan sebagainya.
Iklan Eceran adalah
iklan yang dibuat oleh perusahaan pemilik produk atau pemasok produk yang
disebarkan dipasar swalayan, supermarket, toko, dan sebagainya. Contohnya yaitu
: perusahaan roti, perusahaan kertas, penerbit buku, perusahaan mentega, dan
sebagainya.
Iklan Keuangan adalah
iklan yang menghimpun dana atau menawarkan modal, baik dalam bentuk asuransi,
penjualan saham, jasa buku tabungan, investasi, surat obligasi, surat hutang .
Contohnya yaitu : asuransi prudential, kartu kredit, bank swasta dan bank
negara, dll.
Iklan Langsung adalah
iklan yang menggunakan medium post (direct mail), media pos secara langsung
sampai pada tujuan. Contohnya yaitu : pengepostan sebuah produk melalui email
dan sebagainya.
Iklan Lowongan kerja
(recruitment) adalah iklan yang digunakan untuk merekrut tenaga kerja sesuai
persyaratan. Walaupun iklan ini sifatnya terbatas, ruangnya sempit, kurang
mendapat perhatian secara estetika, namun jenis iklan ini banyak dijumpai
diberbagai media massa. Jumlahnya yang
banyak sehingga media menyesuaikan ruang khusus unttuk iklan ini. Contohnya
yaitu : lowongannn kerja
driver, lowongan kerja
administrasi, lowongan kerja CPNS, dan sebagainya.
Fungsi-Fungsi
Iklan
Fungsi iklan yaitu:
Fungsi komunikasi : sebagai media
komunikasi , iklan memiliki fungsi penting dalam dunia pemasaran yaitu
menyampaikan pesan merek yang disampaikan oleh produsen atau pengiklan kepada
masyarakat luas.
Fungsi pendidikan : iklan dapat
dimanfaatkan untuk menanamkan nilai tertentu yang pada akhirnya akan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan
perilaku khalayak. Nilai yang terkandung dalam iklan sudah selayaknya mempunyai
nilai edukasi yang dapat mencerdaskan konsumen.
Fungsi Pemasaran utk menjual informasi
tentang barang, jasa, gagasan melalui media dengan membayar ruang dan waktu
sebagai tempat lewatnya dari komunikatif kepada komunikan.
Strategi
Iklan
Strategi
iklan yaitu :
Positioning
Positioning adalah strategi komunikasi
yang berhubungan dengan bagaimana khalayak menempatkan suatu produk, merek atau
perusahaan didalam otaknya. Positionong harus dilakukan dengan perencanaan yang
matang dan langkah yang tepat. Menurut Hiebing dan Cooper (1997) positioning
sebagai membangun persepsi produk didalam pasar sasaran yang relatif terhadap
persaingn. Ada banyak variabel yang digunakan untuk memposisikan sebuah merek
baru atau mereposisikan merek lama. Positioning sebagai kunci target pemasaran.
Pengelola pemasaran harus mengetahui bagaimana memproses informasi, menciptakan
persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusannya. Positioning
merupakan bagian penting dalam pemasaran yang membutuhkan pemahaman yang
mendalam tentang pasar, segmen, target, persaingan daan sumber daya organisasi.
Positioning terkait erat dengan pasar-pasar target dan segmentasi. Bermanfaat
untuk meningkatkan penjualan, pangsa pasar, dan hasil-hasilnya secara
keseluruhan. Myers (1996) membedakan struktur persaingan kedalam tiga tingkat
yaitu superioritas,diferensiasi, dan paritas.
Sumber :
Buku Great Answer to
Tought Marketing Question oleh P R Smith
Buku Periklanan
Komunikasi Pemasaran Terpadu oleh Morrisan, M.A.
Buku Konstruksi Sosial
Media Massa oleh Prof.Dr.H.Burhan Bungin, S.sos.,M.Si
Buku Prinsip-prinsip
Pokok Periklanan dalam Perspektif Global oleh Monlee & Carla Johnson
http://posterina.blogspot.com/2015/04/jenis-jenis-iklan.html?m=1
(Diakses pada tanggal 12 maret 2016)
http://oaththinking.blogspot.co.id/2011/04/defenisi-periklanan-menurut-beberapa.html?m=1
(Diakses pada tanggal 12 maret 2016)
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-ikalan-defenisi-adalah.html?m=1
(Diakses pada tanggal 12 maret 2016)
No comments:
Post a Comment