Thursday, March 17, 2016

pengertian advertising

Pengertian Advertising menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
Advertising adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media dibiayai oleh pemrakarsa dan ditujukan untuk sebagian atau seluruh masyarakat.
Pengertian Advertising Menurut Pakar :
Defenisi iklan menurut Frank Jefkins (1997): iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli.
Menurut Rhenald Kasali (1992) iklan didefenisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media
Menurut Phillip Kotler iklan yaitu sebuah bentuk penyajian dan promosi ide, barang, dan jasa secara nonpersonal oleh sebuah sponsor tertentu yang memerlukan sejumlah biaya.
Menurut Urban decan iklan yaitu harus menyampaikan pesan yang dimaksud, menjalin koneksi dengan konsumen dan menimbulkan dampak melalui pesan kreativ yang menarik perhatian dan mudah diingat.
Perbedaan iklan dan periklanan
Iklan adalah suatu produk yang memberi informasi kepada kita berupa barang dan jasa yang sering dilihat dimedia massa. Bentuk promosi untuk  menawarkan, mempromosikan dan memperkenalkan produk perusahaaan kepada masyarakat melalui suatu media. Iklan tidak lagi hidup pada abad ke-18, namun telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah realitas yang dapat membangkitkan sebuah tatanan sosial baru. Iklan bagaikan sebuah dunia magis yang dapat mengubah komoditas kedalam gemerlapan yang memikat dan mempesona. Iklan membaantu membentuk kepribadian sebuah merek. Jenis-jenis iklan terdiri dari beberapa jenis yang digolongkan menjaddi tujuh kategori utama, yakni : iklan konsumen, iklan antar bisnis, iklan perdagangan, iklan eceran, iklan keuangan, iklan langsung dan iklan rekruitment.
Periklanan adalah salah satu alat yang digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan kesuatu khalayak target melalui media bersifat massal sseprti raddio teevisi, koran, majjalah,direct mail, reklame luar ruang, atau kendraaan umum. Pesan-pesan periklan dapat ditransmisikan melalui media baru, khususnya internet. Klasifikasi periklanan seperti periklanan produk,  eceran, korporasi, bisnis ke bsnis, politik, direktori, respon langsung, pelayaan masyarakat, periklanan advokasi.




Jenis-Jenis Iklan
iklan konsumen
iklan antar bisnis
iklan perdagangan
iklan eceran,
iklan keuangan
iklan langsung
iklan rekruitment.
menurut Frank Jefskin iklan terbagi 7 yaitu :
Iklan konsumen adalah iklan yang digunakan untuk menawarkan barang dan jasaa ke konsumen secara luas dengan menggunakan jasa media. Iklan ini banyak dikenal sebagai iklan niaga ditelevisi, radio dan media lainnya. Contohnya : iklan rinso, iklan rexona, dan sebagainya.
Iklan Antar bisnis adalah iklan dengan target kepada satu atau beberapa individu yang berperan memengaruhi pembelian barang atau jasa industri untuk kepentingan perusahaan dimana para individu itu bekerja..  Contohnya yaitu : bahan mentah atau komponen, peralatan kantor, jasa biro perjalanan, dll.
Iklan Perdagangan adalah iklan yang  memberikan informasi kepada para pedagang  tentang barang-barang yang tersedia untuk dijual kembali. Iklan ini ditujukan pada kalangan distributor, kulakan besar, para agen, eksportir maupun importir, dan para pedagang umumnya. Contohnya yaitu : perusahaan pakaian, prusahaan sepatu dan sebagainya.
Iklan Eceran adalah iklan yang dibuat oleh perusahaan pemilik produk atau pemasok produk yang disebarkan dipasar swalayan, supermarket, toko, dan sebagainya. Contohnya yaitu : perusahaan roti, perusahaan kertas, penerbit buku, perusahaan mentega, dan sebagainya.
Iklan Keuangan adalah iklan yang menghimpun dana atau menawarkan modal, baik dalam bentuk asuransi, penjualan saham, jasa buku tabungan, investasi, surat obligasi, surat hutang . Contohnya yaitu : asuransi prudential, kartu kredit, bank swasta dan bank negara, dll.
Iklan Langsung adalah iklan yang menggunakan medium post (direct mail), media pos secara langsung sampai pada tujuan. Contohnya yaitu : pengepostan sebuah produk melalui email dan sebagainya.
Iklan Lowongan kerja (recruitment) adalah iklan yang digunakan untuk merekrut tenaga kerja sesuai persyaratan. Walaupun iklan ini sifatnya terbatas, ruangnya sempit, kurang mendapat perhatian secara estetika, namun jenis iklan ini banyak dijumpai diberbagai media massa.  Jumlahnya yang banyak sehingga media menyesuaikan ruang khusus unttuk iklan ini. Contohnya yaitu : lowongannn kerja
driver, lowongan kerja administrasi, lowongan kerja CPNS, dan sebagainya.


Fungsi-Fungsi Iklan
Fungsi iklan yaitu:
Fungsi komunikasi : sebagai media komunikasi , iklan memiliki fungsi penting dalam dunia pemasaran yaitu menyampaikan pesan merek yang disampaikan oleh produsen atau pengiklan kepada masyarakat luas.
Fungsi pendidikan : iklan dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai tertentu yang pada akhirnya  akan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku khalayak. Nilai yang terkandung dalam iklan sudah selayaknya mempunyai nilai edukasi yang dapat mencerdaskan konsumen.
Fungsi Pemasaran utk menjual informasi tentang barang, jasa, gagasan melalui media dengan membayar ruang dan waktu sebagai tempat lewatnya dari komunikatif kepada komunikan.
Strategi Iklan
Strategi iklan yaitu :
Positioning
Positioning adalah strategi komunikasi yang berhubungan dengan bagaimana khalayak menempatkan suatu produk, merek atau perusahaan didalam otaknya. Positionong harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan langkah yang tepat. Menurut Hiebing dan Cooper (1997) positioning sebagai membangun persepsi produk didalam pasar sasaran yang relatif terhadap persaingn. Ada banyak variabel yang digunakan untuk memposisikan sebuah merek baru atau mereposisikan merek lama. Positioning sebagai kunci target pemasaran. Pengelola pemasaran harus mengetahui bagaimana memproses informasi, menciptakan persepsi dan bagaimana persepsi mempengaruhi pengambilan keputusannya. Positioning merupakan bagian penting dalam pemasaran yang membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang pasar, segmen, target, persaingan daan sumber daya organisasi. Positioning terkait erat dengan pasar-pasar target dan segmentasi. Bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, pangsa pasar, dan hasil-hasilnya secara keseluruhan. Myers (1996) membedakan struktur persaingan kedalam tiga tingkat yaitu superioritas,diferensiasi, dan paritas.

Sumber :
Buku Great Answer to Tought Marketing Question oleh P R Smith
Buku Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu oleh Morrisan, M.A.
Buku Konstruksi Sosial Media Massa oleh Prof.Dr.H.Burhan Bungin, S.sos.,M.Si
Buku Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global oleh Monlee & Carla Johnson




No comments:

Post a Comment